Pengaturan Rendering AutoCAD 2016

Bagi rekan-rekan yang sering membuat objek modeling 3d di AutoCAD tentu tidak asing lagi dengan istilah RENDER. Melalui proses Rendering ini ditambahkannya efek realistik komputer grafis dengan menambahkan kualitas tiga dimensi seperti variasi warna, pencahayaan dan bayangan yang terjadi.
Sejak mulai munculnya AutoCAD versi 2016 ini pengaturan rendering sedikit berbeda dengan versi-versi sebelumnya; dimana untuk opsi kwualitas Render mengalami penambahan termasuk pengaturan Environment dan Exposure.
render 2016
Tool Render
Tool Render ini berada di menu Ribbon Visualize. Dengan mengakses tanda panah akan memunculkan Render Preset Manager sedangkan untuk memunculkan pengaturan Environment dan Exposure anda dengan mudahnya memilih tanda segitiga terbalik dari tool Render di atas tadi.
Environment dan Exposure
Tool Environment dan Exposure
Penjelasan mengenai Environment dan Exposure sudah cukup jelas dari gambar di atas dimana AutoCAD 2016 memiliki pilihan proses rendering yang bervariasi seperti yang tercantum di bawah ini.
proses render 2016
Selain itu juga AutoCAD versi terbaru ini memanjakan penggunanya dengan adanya pilihan pengaturan kadar tingkat penerangan pencahayaan melalui Render Environment dan Exposure.
setingan pengaturan Environment dan Exposure
setingan pengaturan Environment dan Exposure 2
Anda dapat dengan leluasa menerapkan pengaturan yang baru ditambahkan pada versi autocad 2016 dan lakukanlah metode penerapan kwualitas rendering minimal hingga maksimal jika diperlukan aktifkan pilihan pencahayaan matahari sehingga akan didapat bayangan yang memiliki hasil realistis dari semua perpaduan yang anda terapkan.
Berikut ini contoh hasil rendering dengan tingkat kwalitas paling rendah sampai maksimal :
Low
– Low Quality Render
medium
– Medium Quality Render
high
– High Quality Render
Coffe-break quality
– Coffe-break Quality Render
lunch quality
– Lunch Quality Render
SELAMAT MENCOBA !!!
Previous
Next Post »